TESIS PRODI ADMINISTRASI PENDIDIKAN

ABSTRAK

 

Wiarsayana, I Putu. Determinasi Iklim Organisasi, Komitmen Guru pada Profesi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2011. Pembimbing : (1) Prof. Dr.  Nyoman Dantes dan (2) Prof. Dr. Wayan Sadia, M.Pd

 

Kata-kata kunci:     iklim organisasi, komitmen guru pada profesi, motivasi kerja, kinerja guru

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil iklim organisasi, komitmen guru pada profesi, motivasi kerja dan kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara, (2) determinasi iklim organisasi terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara, (3) determinasi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara, (4) determinasi komitmen guru pada profesi terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara, dan (5) determinasi secara bersama-sama iklim organisasi, komitmen guru pada profesi, motivasi kerja terhadap kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Badung Utara

Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan populasinya berjumlah 340 orang. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling menggunakan tabel Isaac Michael. Didapatkan jumlah sampel 201 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan pengukuran variabel dengan menggunakan model skala Likert. Analisis data digunakan statistik inferensial dengan teknik analisis regresi sederhana dan ganda. Proses pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 15.00 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat determinasi iklim organisasi terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara dengan determinasi sebesar 25,3%, (2) terdapat determinasi komitmen guru pada profesi terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara dengan determinasi sebesar 24,7%, (3) terdapat determinasi motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Kabupaten Badung Utara dengan determinasi sebesar 28,5%, dan (4) secara bersama-sama iklim organisasi, komitmen guru pada profesi, dan motivasi kerja berkontribusi  positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan determinasi sebesar 40,6%. Masing-masing sumbangan efektif iklim sekolah (X1) = 15,65%, komitmen guru pada profesi (X2) = 10,6%, dan motivasi kerja (X3) = 14,36%.

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi, komitmen guru pada profesi, dan motivasi kerja berpengaruh secara terpisah maupun simultan terhadap kinerja guru SMP Negeri Kabupaten Badung Utara. Dengan demikian, ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan kinerja guru SMP Negeri Kabupaten Badung Utara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: